15 Alasan Unik Masuk Kuliah di Keperawatan

2022-01-17 08:55:45 author by Gerly Nasukha Pribadi

1. Alasan Profesi dan Lapangan Kerja

Jurusan keperawatan adalah jurusan yang  mudah terserap di lapangan kerja karena hampir semua rumah sakit membutuhkan tenaga keperawatan. Selain luasnya lapangan kerja, keperawatan juga termasuk ke dalam profesi yang dibutuhkan dalam jangka panjang, karena berhubungan dengan tenaga kesehatan yang diperlukan setiap hari.

2. Dorongan Dari Orang Tua

Banyak orang tua yang mendorong anaknya untuk kuliah di jurusan keperawatan,  karena memiliki lapangan kerja yang luas sehingga orang tua berharap setelah lulus anaknya mudah terserap lapangan kerja.

Selain itu banyak orang tua yang berharap, dengan berkarir di tenaga kesehatan maka anaknya bisa dapat berkarya,  dihormati dan dibutuhkan oleh masyarakat.

3. Mengincar Posisi PNS

Tidak bisa dipungkiri jurusan keperawatan adalah salah satu jurusan yang memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap lowongan PNS yang dibuka oleh pemerintah.

Beberapa Kementerian baik Kementerian dari pusat maupun pemerintahan daerah membutuhkan tenaga keperawatan baik dari bidang perawat terampil maupun perawat profesi. Kementrian lain yang tidak berhubungan dengan kesehatan pun membutuhkan tenaga perawat untuk mengabdi di institusi mereka.

4. Mengaplikasikan Ilmu dan Membantu Orang Lain

Calon mahasiswa yang memiliki alasan masuk kuliah keperawatan karena ingin mengaplikasikan ilmu dan membantu orang lain adalah orang yang memiliki passion yang tinggi di bidang perawatan.

Orang seperti ini umumnya akan mengikuti pelajaran dengan menyenangkan serta mengikuti semua proses dengan tekun karena mereka sudah menginginkan profesi ini sejak kecil dan memiliki jiwa sosial yang tinggi.

5. Ingin Membantu Keluarga Dalam Bidang Kesehatan

Tenaga kesehatan sangat dibutuhkan oleh setiap keluarga di Indonesia,  karena setiap keluarga pasti mengalami sakit, baik itu keluarga besar, kerabat maupun keluarga inti.

Banyak mahasiswa keperawatan yang mengambil jurusan ini karena ingin membantu keluarga dalam bidang kesehatan karena dengan memiliki ilmu dibidang keperawatan maka bisa membantu keluarga untuk konsultasi dan mengatasi masalah kesehatan sesuai  bidang ilmu yang dimiliki.

Jika tenaga keperawatan  adalah keluarga sendiri maka dalam hal penanganan, perhatian, pendalaman gejala penyakitnya pun akan berbeda daripada perawat yang lain.

6. Ingin Membuka Praktek Mandiri

Ada berbagai jenis usaha yang bisa digeluti dari bidang ilmu keperawatan,  seperti membuka praktek sendiri yang berhubungan dengan kebutuhan keperawatan, home care, perawatan bayi, menjadi penulis dan bisnis alat kesehatan.

Calon mahasiswa yang memiliki alasan masuk kuliah keperawatan untuk serius berbisnis adalah mahasiswa yang memiliki jiwa enterpranuer yang besar dan ingin mengembangkan usaha sesuai ilmu yang ia geluti.

7. Menjadi Guru atau Dosen

Bagi seseorang yang memiliki rasa sosial yang tinggi dan suka berbagi ilmu kepada orang lain tenaga guru atau dosen ini  menjadi pilihan yang tepat dalam menyalurkan minat mereka.

Dan ilmu keperawatan tidak hanya  dapat menjadi tenaga keperawatan medis, perawat juga bisa menjadi guru atau dosen dengan cara mengambil jurusan keperawatan profesi.

8. Dapat Bekerja di Luar Negri

Ternyata, profesi perawat baik lulusan D3 maupun S1 masih sangat bisa untuk berkesempatan kerja di luar negri. Tidak hanya gaji yang besar, disana justru jenjang karir untuk menjadi perawat profesional sangat didukung seperti melalui ujian RN (Registered Nurse).

Disamping itu, ada cukup banyak permintaan dari luar negri dalam mempekerjakan perawat mulai dari perawat lansia, perawat anak, perawat klinik, perawat rumah sakit dan sebagainya.

9. Jadwal Fleksibel

Ya, Mungkin karena alasan bahwa jadwal kerja keperawatan cukup fleksibel. Apalagi saat sudah kerja di rumah sakit, pasti bisa memperoleh jam kerja yang bergantian alias tidak monoton. Kadang dapat jadwal pagi, siang atau malam. Jadi liburpun tidak harus hari minggu.

10. Kesempatan Meniti Karir

Dalam jurusan keperawatan, karir tidak ada batasanya bahkan sampai ke jenjang profesor pun masih bisa. Beberapa buktinya pun juga sudah ada para guru besar di profesi keperawatan. Jadi peluang masih sangat luas.

11. Jurusan Yang Mulia

Kuliah di keperawatan tidak hanya mempelajari hal-hal yang bersifat teori saja, namun anda akan diajarkan bagaimana menjadi perawat yang memberikan pelayanan terbaik kepada pasien. Sehingga hal inilah yang akan menjadi mulia baik di mata keluarga, orang sekitar anda dan di hadapan Sang Kuasa.

12. Tidak Membosankan

Siapa bilang kuliah di keperawatan membosankan? Justru anda bakal mendapatkan banyak pengalaman. Tidak hanya teori saja yang diajarkan namun juga bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat, lingkungan sekitar dan pasien di rumah sakit atau puskesmas saat berada di lahan praktek.

Disana, anda bisa saling bertukar informasi agar dan tentu hal tersebut sama-sama memberikan manfaat.

13. Siap Bekerja

Kuliah jurusan keperawatan menuntut anda untuk siap bekerja dalam berbagai macam kondisi. Bahkan saat menghadapi komplain dari pasien atau keluarga pun anda sudah diajari terlebih dulu.

Memang kurikulum saat ini mewajibkan mahasiswa keperawatan langsung terjun di lahan praktek selain untuk menambah wawasan pengalaman kerja juga menguji sebatas mana kemampuan mereka untuk berpikir secara kritis.

14. Belajar Etika dan Sopan Santun

Bukan hanya mengandalkan teori dan lulus dengan nilai cumlaude saja. Belajar di keperawatan, akan lebih banyak mengedepankan sikap sopan santun dan tutur kata anda.

Salah satu yang bisa dipelajari yaitu ilmu komunikasi efektif yang begitu detail dalam pembahasan mata kuliah. Dari sinilah nanti seorang perawat akan dituntun untuk peduli satu sama lain, pengertian dan menjunjung tinggi etika baik di lingkungan kampus maupun saat bekerja nanti

15. Tersesat dan Salah Masuk

Ups, kalo ini no comment lah. Hanya saja, sekalipun anda merasa tersesat memilih jurusan keperawatan tapi jangan patah semangat karena tidak ada yang sia-sia dalam mempelajari ilmu apapun karena suatu saat pasti akan berguna juga.

So, meski tersesat berpikirlah bahwa pilihan ini merupakan langkah positif untuk anda agar melakukan yang terbaik menjadi perawat profesional di bidangnya.